Rabu, 01 April 2015

PROXY SERVER



1.Pengertian Proxy server 
Proxy  dapat dipahami  sebagai  pihak ketiga  yang  berdiri ditengah-tengah  antara  kedua  pihak yang saling  berhubungan  dan berfungsi sebagai  perantara, sehingga  pihak pertama  dan pihak kedua  tidak secara  langsung  berhubungan, akan tetapi masing - masing berhubungan dangan perantara, yaitu proxy.

2.Fungsi proxy
Proxy server mempunyai 3 fungi utama yaitu:

1.Connection Sharing 
koneksi dari  jaringan  local keinternet menggunakan sambungan  yang dimiliki oleh gateway  secara  bersama-sama. Dalam hal ini  gateway  juga  sebagia proxy  server, karena menyediakan layanan sebagai perantara antara jaringan local  dan jaringan luar / internet.

2.Filtering
Firewall  / packet filtering  digunakan untuk melindungi jaringan local dari serangan atau gangguan yang berasal dari jaringan internet yang  bekerja  pada  layer network. Firewall  biasanya  diletakan pada  router -  router, sehingga  bias melakukan filtering  atas paket yang lewat dari dan ke jaringan – jaringan yang dihubungkan. Firewall juga melakukan filtering  berdasarkan jenis protocol yang  digunakan (TCP, UDP, ICMP) dan port TCP atau UDP yang digunakan oleh suatu layanan (misal telnet atau FTP). Packet filtering pada firewall mempunyai keunggulan yaitu kecepatan yang lebih dan tidak memerlukan konfigurasi tertentu pada  pengguna-pengguna  yang  terhubung. Yang  bisa dilakukan firewall  hanya  memperbolehkan atau  tidak memperbolehkan suatu paket lewat berdasarkan pada alamat IP sumber atau alamat IP tujuan yang ada pada  paket tersebut. Penyerang  bisa memalsukan alamat IP  pada  paket (spoofing) menggunakan alamat IP tertentu yang terpercaya, dan firewall akan melewatkannya. Penyerang  juga  dapat melakukan penyadapan paket (sniffing) dengan relatif mudah untuk mengetahui struktur alamat IP pada header paket yang lewat di jaringan

3.Caching 
Caching  suatu proxy  server yang  memiliki  mekanisme  penyimpanan obyek-obyek yang  sudah pernah diminta  dari server-server di  internet. Karena  itu, proxy  server yang  juga  melakukan proses caching  juga  biasa  disebut cache  server. Mekanisme caching  akan menyimpan obyek-obyek  yang  merupakan hasil  permintaan dari para pengguna, yang  didapat dari internet. Karena  proxy  server bertindak sebagai perantara, maka  proxy  server  mendapatkan obyek-obyek tersebut lebih dahulu dari sumbernya  untuk kemudian diteruskan kepada  peminta yang  sesungguhnya. Dalam proses tersebut, proxy server juga sekaligus menyimpan obyek-obyek tersebut untuk dirinya sendiri dalam ruang disk yang disediakan (cache). Salah satu proxy yang paling banyak dibahas dan digunakan secara luas adalah HTTP proxy  atau web proxy. HTTP  proxy  server merupakan proxy  yang  berdiri diantara alokasi web misalnya web browser dan web server atau HTTP server. Cache server diletakkan pada titik diantara klien dan web server. Pada contoh diatasklien akan meminta konten dari suatu web server ke cache server. Tidak langsung ke web server tujuan. Cache server inilah yang bertanggungjawab untuk men-download konten yang  diminta  dan memberikannya  kepada  klien.  Konten  tadi disimpan pada harddisk local cache server. Lain waktu, ada klien yang meminta konten yang sama, maka  cache  server tidak perlu mengambil langsung  dari server tujuan tapi tinggal memberikan konten yang sudah ada.

4.Tujuan proxy
Menghasilkan speed   internet dengan request yang  cepat.  karena  situs yang diakses tidak semua  diambil dari public, sebagia  sudah  tersimpan didalam cache. Sehingga akan menghemat penggunaan bandwith internasional.

5.Squid proxy
Squid adalah sebuah daemon yang  digunakan  sebagai proxy  server dan web cache. Squid memiliki banyak jenis penggunaan, mulai dari mempercepat server web dengan melakukan caching  permintaan yang  berulang-ulang, caching  DNS, caching situs web, dan caching pencarian komputer di dalam jaringan untuk sekelompok komputer yang menggunakan sumber daya jaringan yang sama.


0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates